5 Langkah Membuat Game Android Sendiri

5 Langkah Membuat Game Android Sendiri

Semakin populernya game Android di Indonesia menyebabkan banyak orang berlomba-lomba agar bisa membuatnya sendiri. Di mana skill yang dibutuhkan dalam pembuatan game adalah bahasa pemrograman. Memang benar bahasa pemrograman termasuk ke dalam pelajaran yang sulit. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan seorang pemula yang belum mengerti sama sekali bahasa pemrograman bisa membuat game.

Cara Membuat Game Android

Faktanya membuat game Android tidaklah sesulit seperti apa yang selama ini dibayangkan. Di mana Anda hanya perlu melakukan riset terlebih dahulu, setelah itu membuat dokumen desain dan menentukan software. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat game Android itu langsung saja simak artikel di bawah ini.

1. Melakukan Riset Dan Konseptualisasi Game Milikmu

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin membuat game sendiri adalah melakukan riset dan konseptualisasi. Dalam hal ini cobalah untuk mencari tahu skill apa yang dibutuhkan untuk menjadikan game itu kenyataan. Selain itu perhatikan juga fitur apa yang nantinya akan dibangun pada game milikmu. Dengan melakukan kegiatan ini nantinya akan mempermudah dalam proses pembuatan game milikmu. Tentukan juga tipe dan jenis Game apa yang akan dibuat nantinya.

2. Membuat Sebuah Dokumen Desain

Langkah selanjutnya yaitu membuat sebuah dokumen desain. Maksud dari dokumentasi desain di sini adalah gambaran mengenai game yang akan dibuat. Contohnya konsep tampilan dan strategi apa yang nantinya akan diterapkan ketika membuat suatu game. Namun perlu diketahui di dalam membuat dokumen desain ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut.

  • Skill yang dimiliki.
  • Bahasa apa yang nantinya akan digunakan dalam game buatanmu.
  • Tampilan dan fitur yang ada pada game itu.
  • Pastikan Apakah di masa depan Anda akan menambahkan fitur terbaru atau update-nya.

 

3. Menentukan Software Yang Akan Di Gunakan

Di dalam pembuatan game software termasuk hal yang krusial. Pasalnya software ini nantinya yang akan menentukan apakah game itu bisa bekerja dengan baik atau tidak. Umumnya software spesifik tidak dibutuhkan untuk game Android. Di mana game itu hanya membutuhkan editor serta compiler saja. Meskipun begitu tidak sedikit game yang membutuhkan software spesifik untuk membuat gambar 3 dimensi maupun desain. Namun sebelum menggunakan software spesifik ini anda perlu memikirkannya secara matang-matang. Pasalnya harga dari software itu tidaklah murah. Selain itu dibutuhkan juga komputer dengan RAM serta prosesor yang tinggi agar software itu bisa berjalan dengan maksimal.

4. Mulai Melakukan Pemograman

Jika sudah berhasil menentukan pilihan softwarenya, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan pemograman. Dalam hal ini cukup tentukan satu bahasa pemograman saja pada game yang hendak dibuat itu. Sebagai seorang pemula sangat dianjurkan menggunakan PhoneGap. Pasalnya membuat game menggunakan aplikasi itu tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu dengan aplikasi tersebut Anda juga bisa membuat game sederhana menggunakan bahasa pemrograman HTML, Javascript dan CSS.

5. Melakukan Uji Coba Pada Game

Sebelum menjualnya, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu pada game yang telah dibuat tadi. Uji coba ini bertujuan untuk menyingkirkan buk pada aplikasi. Bisa dibilang bahwa waktu yang digunakan untuk melakukan tes ini terbilang lama. Pasalnya dibutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa menghasilkan game terbaik. Sedangkan untuk pemasarannya sendiri bisa dilakukan dengan cara menyewa seorang konsultan pemasaran. Tentunya metode marketing ini sangat cocok bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman pemasaran sebelumnya. Adapun beberapa trik yang bisa dilakukan agar seseorang tertarik dengan game milikmu seperti berikut.

  • Buatlah sebuah website agar seseorang bisa membeli serta mengunduh game milikmu.
  • Buatlah copy non digital serta mendistribusikannya melalui toko game atau retail lainnya yang masih berhubungan dengan permainan tersebut.
  • Apabila sudah membuat game seluler, alangkah baiknya untuk mendaftarkan di Apple App Store maupun Play Store.

Bahasa Pemograman Apa Saja Yang Digunakan Untuk Membuat Game Itu?

Pada dasarnya membuat sebuah game bisa dilakukan dengan beberapa bahasa pemrograman mulai dari JavaScript, Swift atau CSS. Untuk pemilihannya sendiri pastikan telah sesuai dengan skill bahasa pemograman yang dimiliki. Adapun penjelasan tentang bahasa pemrograman itu seperti berikut.

1. JavaScript

Membuat game menggunakan bahasa pemrograman ini bisa dibilang tidaklah sulit. Hal itu terbukti lebih dari jutaan orang di dunia memilih bahasa pemrograman ini ketika membuat game. Selain itu bahasa pemrograman ini juga bisa dikombinasikan dengan HTML atau CSS. Untuk yang belum mengetahui bagaimana cara penggunaan Javascript itu bisa mengikuti kursus atau mempelajarinya sendiri di internet.

2. Swift

Swift termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang masih terbilang baru dan didesain khusus untuk sistem ISO. Oleh karenanya tidak heran jika masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bahasa pemograman tersebut. Meskipun terbilang baru namun bahasa pemograman itu sangatlah disukai para programmer pemula. Hal itu dikarenakan Anda bisa membuat game tanpa memiliki keterampilan coding terlebih dahulu menggunakan bahasa pemograman tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti ketika memutuskan ingin membuat suatu game. Meskipun terbilang agak sulit namun tetap saja harus dilakukan secara sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.


Leave a Reply

Your email address will not be published.