Bagaimana Cara Membuat CV Agar Segera Dilirik Oleh HRD Itu?

Bagaimana Cara Membuat CV Agar Segera Dilirik Oleh HRD Itu?

Di dalam kegiatan melamar pekerjaan, CV termasuk salah satu faktor yang bisa mempengaruhi seseorang  diterima atau tidaknya. Oleh karena itu pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Di mana harus dibuat semenarik mungkin agar HRD tertarik, sehingga peluang untuk bisa masuk ke tahap berikutnya sangatlah besar. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik itu?.

Cara Membuat CV Yang Menarik Agar Segera Dilirik HRD

Bagi seorang HRD CV  berfungsi untuk mempermudah  menyeleksi calon pegawainya. Selain itu, melalui CV seorang HRD juga bisa mengetahui kompetensi dari para pelamarnya. Dengan begitu bisa mendapatkan pegawai yang profesional untuk suatu perusahaan. Adapun beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar CV bisa segera dilirik oleh HRD seperti berikut ini.

1. Pahami Isi Dari CV Tersebut

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat CV yaitu memahami isinya. Biasanya hal ini menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh seorang fresh Graduate. Di mana mereka belum memahami betul isi dari CV, sehingga menyebabkan pembuatannya dilakukan dengan sembarangan dan pada akhirnya berakibat tidak kunjung juga mendapatkan panggilan interview dari HRD. Pada umumnya di dalam CV isinya terdiri dari beberapa hal seperti berikut.

  • Informasi pendidikan terakhir.
  • Identitas lengkap berupa nama, nomor telepon, alamat rumah dan email.
  • Deskripsi singkat tentang karakter dirimu.
  • Informasi mengenai skill yang dimiliki.
  • Pengalaman kerja.
  • Informasi mengenai pelatihan yang pernah diikuti.
  • Informasi mengenai hobi dan kesukaan.

Perlu diingat bahwa di dalam penulisan semua isi di atas, pastikan telah lengkap dan jelas. Selain itu buatlah sesingkat mungkin agar nantinya nyaman ketika dibaca oleh HRD.

2. Buatlah Desain Yang Sederhana Saja

Untuk desain CV-nya sendiri, pastikan membuatnya secara sederhana saja. Meskipun tampilannya sederhana namun tetap saja harus memuat informasi-informasi penting. Hindarilah untuk memakai font yang basic. Pasalnya font tipe itu nantinya bisa membuat CV terlihat kurang menarik. Dalam hal ini sebaiknya pilih font modern. Untuk membuat desainnya Anda bisa memanfaatkan beberapa software yang ada di komputer seperti Corel draw, Photoshop maupun Canva. Pilih saja software yang sesuai dengan kemampuanmu.

3. Sertakan Informasi Mengenai Pengalaman Kerja Dengan Detail

Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja di suatu tempat, sebaiknya cantumkan informasi mengenai pengalaman tersebut ke dalam CV. Hal itu perlu dilakukan karena nantinya bisa menjadi poin plus di mata HRD, sehingga kemungkinan besar Anda bisa mudah diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Perlu diingat bahwa di dalam penulisannya pastikan telah dibuat secara detail. Dengan begitu nantinya pihak HRD dapat dengan mudah mengukur kapasitas dirimu, Apakah sesuai dengan posisi yang dilamar itu atau tidak.

4. Cantumkan Kontak Referensi

Meskipun kelihatannya sepele, namun Anda perlu menyisipkan kontak referensi pada CV. Hal itu bertujuan agar bisa memberikan informasi penting dari pihak ketiga tentang kompetensi terkait pekerjaan yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut. Tetapi sebelum memutuskan untuk mencantumkan informasi referensi, pastikan bahwa diri Anda sudah meminta izin kepada pihak ketiga yang nomornya digunakan dalam CV itu.

5. Tunjukkan Skill Berbahasa  Asing

Jika Anda mempunyai kemampuan berbahasa asing yang baik misalnya bahasa Inggris, alangkah baiknya untuk membuat CV menggunakan bahasa asing tersebut. Dengan begitu secara otomatis HRD akan mengetahui bahwa dirimu memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Hal ini perlu dilakukan terlebih jika tempat yang dilamar merupakan perusahaan multinasional. Di mana skill bahasa Inggris sangat diperlukan di dalam perusahaan tersebut. Tapi perlu diingat bahwa telah menggunakan tata bahasa Inggris yang benar serta formal. Dalam hal ini jangan gunakan kata-kata slang agar bisa dimengerti oleh pembacanya.

6. Cantumkan Informasi Mengenai Media Sosial Yang Dimiliki

Di dalam kegiatan membuat CV pastikan telah mencantumkan informasi terkait media sosial yang Anda miliki. Pasalnya dengan media sosial itu nantinya HRD akan lebih mudah dalam menilai pribadi para pelamar. Sebelum mencantumkan informasi mengenai sosmed tersebut. Pastikan terlebih dahulu bahwa di akun media sosial yang dimiliki tidak ada postingan  melanggar hukum dan SARA. Sebab jika hal itu ditemukan pada akunmu bisa membuat kesan menjadi buruk, sehingga pihak HRD tidak tertarik denganmu.

7. Tambahkan Informasi Mengenai Soft Skill Yang Anda Miliki

Sebaiknya di dalam CV Anda juga sudah mencantumkan informasi mengenai soft skill yang dimiliki. Misalnya berjiwa kepemimpinan, jujur, disiplin, berpikir kritis, negosiasi dan lain-lain. Dengan mencantumkan informasi tersebut bisa untuk menambah poin plus di mata para HRD yang sedang mencari karyawan baru. Untuk informasi ini juga bisa dituliskan pada kolom persyaratan di lowongan kerja.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan sendiri agar CV milikmu terkesan lebih menarik. Tentunya dengan CV yang menarik kemungkinan besar bisa segera dilirik oleh HRD.


Leave a Reply

Your email address will not be published.