Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Yang Tidak Berfungsi Itu?

Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Yang Tidak Berfungsi Itu?

Tidak sedikit para pengguna laptop mengalami permasalahan dengan keyboardnya. Misalnya tombol yang salah memasukkan karakter, keyboard mengetik sendiri tanpa adanya perintah, tidak bisa mengetik huruf sama sekali. Tentunya hal itu sangat mengganggu kegiatan terutama bagi seseorang yang harus bekerja menggunakan laptop. Biasanya permasalahan itu disebabkan karena ada debu yang terselip di  sela-selanya. Lantas bagaimana cara mengatasinya?.

6 Cara Mengatasi Keyboard Yang Rusak

Sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis, alangkah baiknya Anda memperbaiki sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu uang yang tadinya akan digunakan  membayar jasa service bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Adapun 6 cara mengatasi keyboard yang rusak seperti berikut ini.

  1. Melakukan Restart Laptop

Sebelum memutuskan untuk mengambil tindakan berikutnya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika keyboard rusak yaitu merestart laptop. Perlu diketahui bahwa tindakan ini mampu untuk memperbaiki beberapa permasalahan yang ada pada sistem operasi secara langsung. Jika laptop yang dimiliki tidak dapat di restart, maka cobalah untuk memencet tombol power berulang kali hingga perangkat tersebut mati.

  1. Mengecek Num Lock

Selain kemasukan debu, umumnya penyebab keyboard  menjadi rusak dikarenakan kesalahan diri sendiri. Misalnya mengaktifkan Num Lock dikarenakan menekan tombol kombinasi tertentu. Ketika Num Lock itu aktif akan menyebabkan karakter yang muncul di layar  berlainan dengan tombol yang sedang ditekan. Oleh karena itu untuk mengatasinya Anda perlu menonaktifkan Num Lock tersebut. Adapun cara mematikan Num Lock seperti berikut.

  • Pencetlah tombol “Fn” dan “NumLk” yang terdapat pada keyboard secara bersamaan.
  • Untuk tipe laptop tertentu bisa menggunakan cara tekan “Capas Lock” dan “NumLk” secara bebarengan.

Jika kedua cara di atas belum bisa mematikan Num Lock pada laptop Anda, segeralah untuk meminta bantuan kepada customer dukungan dari produsen perangkat milikmu itu.

  1. Mengecek Permasalahan Di Driver

Driver laptop yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mengapa keyword tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Umumnya problem pada driver diakibatkan karena ketika memasang software pihak ketiga  dalam keadaan terserang virus dan lain-lain. Dalam hal ini untuk mengetahui permasalahannya, cobalah untuk membuka Device Manajer. Kemudian lihatlah pada bagian sisi keyboard. Jika ditemukan tanda segitiga berwarna kuning bisa dipastikan bahwa ada problem di device keyboard. Untuk mengatasinya langsung saja unduh driver terbaru pada website produsen laptop yang Anda miliki.

  1. Membersihkan Debu Serta Kotoran

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa debu bisa menjadi penyebab dari rusaknya keyboard. Biasanya semakin tua umur  laptop itu debu yang terselip di antara tombol akan banyak. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu memiringkan atau mengembalikan laptop hingga posisinya menjadi 45° sampai 75°. Kemudian goyangkan laptop tersebut secara perlahan-lahan. Selain itu juga bisa menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang umumnya berbentuk vacuum  kecil.

Jika keyboard itu tidak berfungsi dikarenakan tersiram air maka cara mengatasinya yaitu Anda perlu mencopot bagian tombol-tombolnya terlebih dahulu. Setelah itu membersihkan papan sirkuitnya menggunakan kain lembut yang telah ditetesi alkohol. Namun perlu diingat bahwa di dalam melepaskan tombol-tombol itu perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

  1. Melepas Baterai Laptop

Apabila banyak tombol di keyboard yang tidak berfungsi maka cara efektif untuk mengatasinya yaitu dengan melepas terlebih dahulu baterai laptop. Umumnya dengan metode ini bisa mengembalikan kondisi keyboard menjadi normal seperti sedia kala. Adapun cara untuk melepas baterainya seperti berikut.

  • Pertama-tama lepaskan baterai dan kabel adapter.
  • Kemudian biarkan kurang lebih 1 menit.
  • Setelah itu pencet dan tekan tombol power selama 60 detik.
  • Pasang kembali baterai yang telah dilepas tadi.
  • Terakhir nyalahkan laptop.

 

  1. Mengganti Keyboard Bawaan

Apabila cara-cara di atas belum juga bisa  mengatasi permasalahan keyboard rusak, maka mau tidak mau Anda harus mengganti dengan yang baru. Untuk mendapatkan keyboard baru Anda bisa membelinya di toko komputer maupun secara online di marketplace. Namun dalam hal ini sangat dianjurkan untuk membelinya secara offline saja. Pasalnya ketika membeli langsung di toko ritel Anda bisa mengetahui secara langsung kondisi produknya, sehingga bisa mendapatkan barang yang asli. Pastikan juga keyboard yang dibeli memiliki masa garansi agar nantinya bisa mengklaim jika produk tersebut mudah rusak. Apabila sudah mendapatkan keyboard yang baru segeralah untuk memasangnya.

Jika dalam hal ini belum ada waktu untuk membeli keyboard yang baru dikarenakan kesibukan, tetapi benar-benar memerlukannya untuk menulis atau mengerjakan tugas bisa mencoba memakai on screen keyboard yang terdapat di laptop. Caranya yaitu dengan mengeklik start-  program – aksesoris – aksesibility dan terakhir pilih on screen keyboard. Demikianlah pembahasan singkat tentang cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi.


Leave a Reply

Your email address will not be published.